ANALISA BISNIS CANVAS GOJEK


ANALISA ENTREPRENEUR


AHRIHAD SURYONO
014201905010

FAKULTAS BISNIS
MAJOR MANAGEMENT
2019

PELAJARAN
ENTREPRENEURSHIP
D0SEN
Mr. SONY HERUPRIYANTO






1.
Memulai sebuah bisnis di era digital ini bisa dibilang tidak terlalu sulit. Selain karena bantuan teknologi yang telah berkembang begitu pesat, metode analisis kelayakan bisnis sudah banyak berkembang. Diantara tools yang banyak digunakan dalam menganalisis ide bisnis adalah analisis SWOT dan bisnis model canvas.
Pada tulisan ini, kami akan menyajikan contoh cara membuat analisis swot dan bisnis model dengan benar. Diantara banyaknya startup yang memiliki model bisnis kekinian, Gojek merupakan startup yang menarik untuk dijadikan acuan. Bukan hanya dilihat dari growth dan jumlah user, pola bisnis Gojek yang bagus-cepat-murah berhasil menyediakan moda transportasi yang disruptive.
Oleh karenanya, tidak ada salahnya kita belajar dari bisnis model Gojek jika ingin startup kita menjadi kerajaan bisnis serupa. Berhubung pada tulisan ini kami hanya menyediakan contoh saja, jika kamu ingin lebih dalam mengetahui tahapan-tahapan dalam pembuatannya, kamu bisa lihat di artikel berikut ini.
Jika kamu lebih tertarik untuk mempelajari metode analisis di atas menggunakan contoh yang lebih aplikatif, berikut kami sajikan contohnya di bawah ini.

VALUE PROPOSITIONS
  • Menyediakan transportasi massal yang berkualitas, mudah serta cepat diakses, dengan harga terjangkau
COSTUMER SEGMENTS
  • Pelajar sekolah
  • Pekerja kantoran
  • Pengguna transportasi public
  • Generasi melek internet
CHANNELS
  • Aplikasi Gojek
  • Iklan billboard
  • Testimoni pengguna
CUSTOMER RELATIONSHIPS
  • Diskon dan promo
  • Email newsletter
  • Aplikasi kaya fitur
KEY ACTIVITIES
KEY RESOURCES
  • Google Maps
  • Aplikasi Gojek
  • Infrastruktur server
KEY PARTNERS
  • Mitra pengemudi (driver Gojek)
  • Suplier atribut driver (helm, jaket)
  • Penyedia infrastruktur server
COST STRUCTURE
  • Bagi hasil dengan mitra driver
  • Penyewaan infrastruktur server
  • Biaya API Google Maps
  • Gaji pegawai kantor
  • Biaya pemeliharaaan dan perbaikan sistem
REVENUE STREAMS
  • Pengguna jasa trasnportasi Gojek
  • Pengisian dompet elektronik (Gopay)


Salah satu yang menarik dari bisnis model Gojek di atas ialah pada bagian key resources. Jika biasanya perusahaan transportasi haruslah memiliki aset berupa kendaraan, tempat parkir yang luas, maka Gojek tidak membutuhkannya. Itulah yang menjadi alasan mengapa harga dari bisnis model Gojek sangat efisien dan bisa menawarkan harga lebih murah.
Selain itu, elemen channels (penghubung antara pengguna dan penyedia jasa) adalah sebuah aplikasi. Yang mana dapat menghubungkan antar kedua pihak secara lebih cepat, efisien dan tepat sasaran. Hal ini lah yang membuat pengguna Gojek puas dengan layanan aplikasi karena kemudahan yang ditawarkannya.
Berikut contoh analisa SWOT perusahaan Gojek dalam bentuk tulisan untuk lebih memperjelas. Pada penulisan ini, analisis swot dibagi ke dalam dua bagian yaitu faktor internal (kekuatan & kelemahan) serta faktor eksternal (peluang & ancaman).

Faktor Internal Perusahaan

Strength
  • Bisnis model sangat efisien
  • Jumlah driver banyak
  • Mudah untuk diduplikasi di daerah lain
  • Membuka banyak lapangan pekerjaan

Weakness
  • Pihak perusahaan punya ketergantungan yang sangat tinggi terhadap driver (pengemudi)
  • Proses bisnis tidak bisa berjalan tanpa adanya akses internet yang memadai

Faktor Eksternal (di luar perusahaan)

Opportunity
  • Dapat merambah ke sector bisnis lainnya
  • Mudah menggaet pihak strategis
  • Akses pasar kepada generasi millennial terbuka lebar


Threat
  • Regulasi hukum belum matang dan bisa berubah kemudian
  • Adanya segenap masyarakat yang belum adaptif terhadap perubahan

 3. Hubungan teori RBV , teori Kewirausahaan dan teori manajemen dalam Model Bisnis “Gojek”
Hubungan Teori RBV yaitu dimana strategi untuk dapat menghasilkan keunggulan bersaing yang dimana bisnis “GOJEK” memiliki keunggulan konsep OJEK yang dapat menarik perhatian customer , bermacam-macam jenis layanan yang dimana itu masuk ke dalam TEORI KEWIRAUSAHAAN untuk menghasilkan hal yang inovatif dan memberikan solusi kepada konsumen yang memiliki variasi dalam memilik aplikasi ojek  “ Gojek “ ini memiliki keunggulan dalam bidang pelayanan dan beberapa pelayanan antara Gofood , GoCar dan lain sebagainya yang itu harus disertai dengan MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA yang baik untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen , dengan cara melakukan training kepada SDM nya . lalu juga keunggulan lainnya yaitu harga yang kompetitif dengan competitor lain, Gojek yang merupakan StarUp dan menjadi Unicorn yang berbasis Aplikasi , berupaya meningkatkan pelayananya kepada kostumer dan mencoba untuk melebarkan sayabnya kebeberapa negara Asia lainya  
4. Hubungan teori RBV, Kewirausahaan dan manajemen dalam model bisnis “GOJEK”
Dalam kewirausahaan GOJEK melakukan banyak sekali solusi yang inovatif untuk para konsumen yaitu menyediakan layanan antar jemput (GORIDE) , layanan pesan antar makanan (GOFOOD) yang mudah diakses oleh konsumen. Lalu untuk dapat bersaing dengan para kompetitor , GOJEK yang tadinya hanya perusahaan RIDE-HAILING menjadi SUPER APPS yang mempunyai banyak layanan seperti , GO MASSAGE, GO CLEAN, GO SEND, GO KLAIM dll . dan itu menjadikan GOJEK sebagai pioneer super apps yang malah menjadi referensi perusahaan kompetitor. GOJEK berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada para konsumen maka dari itu GOJEK melakukan beragam cara untuk memberikan manajemen SDM yang terbaik yaitu , SDM yang ramah, sopan dan memberikan SOP yang baik kepada para SDM nya .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa Study Marin County v. Deloitte: Belajar dari Kegagalan Implementasi ERP ini untuk Mendorong Sukses

KULIAH SAMBIL BEKERJA DI PRESIDENT UNIVERSITY KELAS MALAM PRODY MANAGEMENT

ANALISA ORACLE ERP