ANALISA BISNIS CANVAS GOJEK
ANALISA ENTREPRENEUR

AHRIHAD SURYONO
014201905010
FAKULTAS BISNIS
MAJOR MANAGEMENT
2019
PELAJARAN
ENTREPRENEURSHIP
D0SEN
Mr.
SONY
HERUPRIYANTO
1.
Memulai sebuah bisnis di era digital ini bisa dibilang tidak terlalu sulit.
Selain karena bantuan teknologi yang telah berkembang begitu pesat, metode
analisis kelayakan bisnis sudah banyak berkembang. Diantara tools
yang banyak digunakan dalam menganalisis ide bisnis adalah analisis SWOT dan
bisnis model canvas.Pada tulisan ini, kami akan menyajikan contoh cara membuat analisis swot dan bisnis model dengan benar. Diantara banyaknya startup yang memiliki model bisnis kekinian, Gojek merupakan startup yang menarik untuk dijadikan acuan. Bukan hanya dilihat dari growth dan jumlah user, pola bisnis Gojek yang bagus-cepat-murah berhasil menyediakan moda transportasi yang disruptive.
Oleh karenanya, tidak ada salahnya kita belajar dari bisnis model Gojek jika ingin startup kita menjadi kerajaan bisnis serupa. Berhubung pada tulisan ini kami hanya menyediakan contoh saja, jika kamu ingin lebih dalam mengetahui tahapan-tahapan dalam pembuatannya, kamu bisa lihat di artikel berikut ini.
Jika kamu lebih tertarik untuk mempelajari metode analisis di atas menggunakan contoh yang lebih aplikatif, berikut kami sajikan contohnya di bawah ini.
VALUE PROPOSITIONS
- Menyediakan transportasi massal yang berkualitas, mudah serta cepat diakses, dengan harga terjangkau
- Pelajar sekolah
- Pekerja kantoran
- Pengguna transportasi public
- Generasi melek internet
- Aplikasi Gojek
- Iklan billboard
- Testimoni pengguna
- Diskon dan promo
- Email newsletter
- Aplikasi kaya fitur
- Menghubungkan driver dengan penumpang
- Manajemen data pengguna
- Perekrutan tenaga kerja (driver)
- Google Maps
- Aplikasi Gojek
- Infrastruktur server
- Mitra pengemudi (driver Gojek)
- Suplier atribut driver (helm, jaket)
- Penyedia infrastruktur server
- Bagi hasil dengan mitra driver
- Penyewaan infrastruktur server
- Biaya API Google Maps
- Gaji pegawai kantor
- Biaya pemeliharaaan dan perbaikan sistem
- Pengguna jasa trasnportasi Gojek
- Pengisian dompet elektronik (Gopay)
Salah satu yang menarik dari bisnis model Gojek di atas ialah pada bagian key resources. Jika biasanya perusahaan transportasi haruslah memiliki aset berupa kendaraan, tempat parkir yang luas, maka Gojek tidak membutuhkannya. Itulah yang menjadi alasan mengapa harga dari bisnis model Gojek sangat efisien dan bisa menawarkan harga lebih murah.
Selain itu, elemen channels (penghubung antara pengguna dan penyedia jasa) adalah sebuah aplikasi. Yang mana dapat menghubungkan antar kedua pihak secara lebih cepat, efisien dan tepat sasaran. Hal ini lah yang membuat pengguna Gojek puas dengan layanan aplikasi karena kemudahan yang ditawarkannya.
Berikut contoh analisa SWOT perusahaan Gojek dalam bentuk tulisan untuk lebih memperjelas. Pada penulisan ini, analisis swot dibagi ke dalam dua bagian yaitu faktor internal (kekuatan & kelemahan) serta faktor eksternal (peluang & ancaman).
Faktor Internal Perusahaan
Strength
- Bisnis model sangat efisien
- Jumlah driver banyak
- Mudah untuk diduplikasi di daerah lain
- Membuka banyak lapangan pekerjaan
Weakness
- Pihak perusahaan punya ketergantungan yang sangat tinggi terhadap driver (pengemudi)
- Proses bisnis tidak bisa berjalan tanpa adanya akses internet yang memadai
Faktor Eksternal (di luar perusahaan)
Opportunity
- Dapat merambah ke sector bisnis lainnya
- Mudah menggaet pihak strategis
- Akses pasar kepada generasi millennial terbuka lebar
Threat
- Regulasi hukum belum matang dan bisa berubah kemudian
- Adanya segenap masyarakat yang belum adaptif terhadap perubahan

3. Hubungan teori RBV , teori Kewirausahaan
dan teori manajemen dalam Model Bisnis “Gojek”
Hubungan Teori RBV yaitu dimana
strategi untuk dapat menghasilkan keunggulan bersaing yang dimana bisnis “GOJEK”
memiliki keunggulan konsep OJEK yang dapat menarik perhatian customer ,
bermacam-macam jenis layanan yang dimana itu masuk ke dalam TEORI KEWIRAUSAHAAN
untuk menghasilkan hal yang inovatif dan memberikan solusi kepada konsumen yang
memiliki variasi dalam memilik aplikasi ojek
“ Gojek “ ini memiliki keunggulan dalam bidang pelayanan dan beberapa
pelayanan antara Gofood , GoCar dan lain sebagainya yang itu harus disertai
dengan MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA yang baik untuk memberikan pelayanan yang
maksimal kepada konsumen , dengan cara melakukan training kepada SDM nya . lalu
juga keunggulan lainnya yaitu harga yang kompetitif dengan competitor lain,
Gojek yang merupakan StarUp dan menjadi Unicorn yang berbasis Aplikasi ,
berupaya meningkatkan pelayananya kepada kostumer dan mencoba untuk melebarkan
sayabnya kebeberapa negara Asia lainya
4. Hubungan teori RBV,
Kewirausahaan dan manajemen dalam model bisnis “GOJEK”
Dalam kewirausahaan GOJEK
melakukan banyak sekali solusi yang inovatif untuk para konsumen yaitu
menyediakan layanan antar jemput (GORIDE) , layanan pesan antar makanan
(GOFOOD) yang mudah diakses oleh konsumen. Lalu untuk dapat bersaing dengan
para kompetitor , GOJEK yang tadinya hanya perusahaan RIDE-HAILING menjadi
SUPER APPS yang mempunyai banyak layanan seperti , GO MASSAGE, GO CLEAN, GO
SEND, GO KLAIM dll . dan itu menjadikan GOJEK sebagai pioneer super apps yang
malah menjadi referensi perusahaan kompetitor. GOJEK berkomitmen untuk
memberikan layanan terbaik kepada para konsumen maka dari itu GOJEK melakukan
beragam cara untuk memberikan manajemen SDM yang terbaik yaitu , SDM yang
ramah, sopan dan memberikan SOP yang baik kepada para SDM nya .
Komentar
Posting Komentar