Design Service & Layout Design Service



Design Service

· 1 Apa itu Service Design?• Service Design adalah tahapan dimana ManajemenLayanan IT mulai memastikan rencana-rencana Layananyang akan disediakan (dalam Service Portfolio) benar-benar sesuai kebutuhan pengguna, dan mendetailkannyamenjadi arsitektur - arsitektur sistem/layanan, proses -proses, laporan, & dokumentasi.
·  2  Main Objective• Main Objective dari service design adalah mendesign layanan baru ataulayanan lama yang telah dimodifikasi untuk diperkenalkan kepadalingkungan produksi• Menganalisis & memastikan layanan baru telah mempertimbangkan- Kebutuhan akan Resources & capabilities dari layanan dan yang dimilikipengguna dan penyedia layanan (Service solutions)- Proses-proses yang tepat untuk mendukung layanan (processes)- Technology architectures cocok dengan layanan- Supporting systems (supporting IT management & supporting IT tools) jugaakan disediakan- Sistem monitoring unjuk kerja layanan termasuk measurement systems &metrics
·  3. Manfaat Service Design• Menurunkan Total Cost of Ownership (TCO)• Meningkatkan kualitas layanan• Meningkatkan konsistensi layanan• Menimalisir atau bahkan menghindari risk• Kemudahan monitoring & reviewing kualitas layanan• Berkontribusi di dalam pencapaian BusinessObjective
·  4. Service Design Process• Service Catalogue Management• Service level managementCapacity management• Availability management• IT service continuity management (ITSCM)• Information security management• Compliance Management• Architecture Management• Supplier management• Design Coordination
·  5. Service Catalogue Management• Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa ServiceCatalogue itu dibuat /didevelop dan dimaintenance/update yang didalamnya berisi mengenaiinformasi yang akurat mengenai layanan yang sedangberjalan.• Termasuk diantaranya informasi tentang detail layanan,status saat ini, dan ketergantungan layanan satu denganyang lain.
·  6. Service Level Management• Tujuan utama dari proses ini adalah memastikan layananyang diberikan sesuai dengan target atau standard(Service Level Agreement / SLA )yang berlaku baik itulayanan yang telah ada atau layanan yang akan dibuatkedepannya
·  7. Capacity Management• Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa kapasitaslayanan – layanan IT yang dimiliki dapat mencover /melayani kebutuhan pelanggan saat ini dan di masadepan• Capacity Management menganalisis &mempertimbangkan semua sumber daya (resources)yang dibutuhkan untuk menyediakan layanan IT untukkebutuhan bisnis jangka pendek, menengah, dan jangkapanjang.
·  8. Availability Management• Tujuannya untuk memastikan semua layanan-layanan ITyang diberikan tepat sesuai target pelayanan-pelayananyang disediakan.• Availability Management bertanggungjawabmemastikan semua IT infrastructure, processes, tools,fungsi-fungsi manajemen, dll tepat sesuai targetpelayanan-pelayanan yang disediakan.
· 9 IT Service Continuity Management(ITSCM)• Tujuan dari proses ini adalah mensupportkeberlangsungan bisnis dengan memastikan bahwaInfrastruktur IT dapat diperbaiki sesuai dengan targetwaktu
·  10. Information Security Management• Tujuan dari proses ini adalah Memastikan kerahasiaan,integritas, dan ketersediaan informasi organisasi, data,dan layanan-layanan IT.
·  11. Supplier Management• Tujuan utama dari proses ini adalah memanage supplierdan service yang mereka berikan untuk mendapatkankualitas layanan IT yang sesuai dengan harga yangdikeluarkan
·  12. Aktivitas Di dalam Service Design• Selain 7 Proses yang dijelaskan sebelumnya,terdapat 3macam aktivitas di dalam proses design yaituØDevelopment of requirementsØData and information managementØApplication management
·  13. Development of requirements• ITIL mengasumsikan bahwa analisis proses bisnis yang sudahada maupun yang dibutuhkan menghasilkan persyaratanfungsional yang berada di bawah layanan IT (terdiri dariaplikasi, data, infrastruktur, lingkungan dan skill).• Ada 3 tipe kebutuhan dari masing – masing system yaitu:ØFunctional requirementsØManagement- and operational requirementsØUsability requirements
·  14. Data- and informationmanagement• Seperti yang kita ketahui bahwa data adalah salah satu hal yangpenting yang harus di jaga agar tetap mengembangkangkan,memberi dan membantu layanan IT secara efektif.• Ada 4 manajemen area pada bagian data dan informationmanagement:ØManagement of data sourcesØManagement of data- and information technologyØManagement of information processesØManagement of data standards and policy
·  15. Application management• Applikasi, bersama dengan data dan infrastruktur,berfungsi sebagai komponen teknis pada layanan IT.Sangatlah penting bahwa aplikasi yang disediakan dapatmemenuhi kebutuhan pelanggan.• Ada 2 alternative pendekatan yang berguna untukmengimplementasi application management yaitu:ØService Development Lifecycle - (SDLC)ØApplication maintenance
·  16. Organization• Organisasi yang bekerja dengan baik dapat menentukan keputusan secara cepatdan tepat dan melaksanakannya dengan baik. Untuk mencapai ini sangatlahpenting untuk peran dan tanggung jawab secara jelas diberikan.• Salah satu model yang dapat membantu tugas tersebut adalah model RACI. RACImerupakan singkatan dari 4 peran penting yaitu:ØResponsible – orang yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasØAccountable – orang yang bertanggung jawab akan keuangan atau biayaØConsulted – orang yang memberi nasehat atau saranØInformed – orang yang harus diberitahu apapun yang berhubungan dengankemajuan proyek
·  17. Cont’d - Roles• Peran dan tanggung jawab dari posisi – posisi penting dalam prosesservice design dapat diklasifikasikan seperti di bawah ini:ØThe Process ownerØThe Service Design managerØThe Service Catalogue managerØThe Service level managerØThe Availability managerØThe Security manager
·  18. Methods, techniques and tools• Ada banyak sekali alat dan teknik yang dapat digunakan untukmembantu layanan dan komponen desain.• Semakin banyak jenis alat dan teknik yang digunakan makaakan membawa manfaat sebagai berikut:ØPencapaian kecepatan dalam proses desainØKepatuhan terhadap standartØPengembangan prototype dan modelØMempertimbangkan beragam skenario
·  19. Cont’d - Service management tools• Service management tools memastikan bahwa proses service designdapat berfungsi secara efektif. Service management tools jugamenambah efisiensi dan memberikan manajemen informasiberharga tentang identifikasi adanya titik lemah.• Pertimbangan dalam evaluasi service manage tools adalah:ØData struktur, penanganan data dan integrasiØSesuai dengan standar internasionalØFleksibel dalam pengimplimentasian, pemakaian dan sharing dataØMembantu dalam pemantauan level layanan
·  20. Business Impact AnalysisBIA adalah sumber informasi yang berharga untukmemuaskan kebutuhan pelanggan, dan mencari dampakdan resiko dari suatu layanan. Ada 2 bagian:• Di satu sisi adalah mencari dampak dari kehilanganproses/ fungsi bisnis• Di sisi lain adalah menghentikan efek dari kehilangantersebut
·  21. Manfaat BIAOrganisasi dapat menentukan:• Apa saja layanan yang sangat dibutuhkan• Layanan bisa tidak tersedia pada saat apa saja• Level yang bisa diterima dari ketidaktersediaan layanan• Biaya dari ketidaktersediaan layanan• Periode layanan yang ada
·  22. Prasyarat ImplementasiAda berbagai macam prasyarat untuk proses baru atauproses yang telah direvisi. Seringkali ini adalah kebutuhanuntuk proses lain. Hal-hal seperti ini lebih dari sekedar MLTIsaja: kesediaan dan kapasitas manajemen membutuhkaninformasi dari business plan
·  23. Critical Success Factor dan KPI• Persentase spesifikasi kebutuhan dari Service Design yangdiproduksi tepat waktu• Persentase spesifikasi kebutuhan dari Service Design yangdiproduksi sesuai anggaran• Persentase paketTransisi Layanan yang diproduksi tepatwaktu• Keakuratan dari desain layanan• Keakuratan SLA (Service Level Agreement), OLA (OperatingLevel Agreement), dan kontrak
·  24. Tantangan• Kebutuhan untuk mengsinkronisasikan arsitektur,strategi, dan kebijaksanaan yang ada• Penggunaan bermacam teknologi dan aplikasi• Perubahan kebutuhan pelanggan yang tidak jelas• Kekurangan kesadaran dan pengetahuan pelayanan• Ketidakmauan untuk bekerja secara sistematis• Penggunaan sumber daya yang tidak efisien
·  25. Tantangan (cont’d)Beberapa cara penanggulangan tantangan:• Pemikiran lebih untuk kebutuhan dan prioritas pelanggan• Komunikasi yang cukup dengan semua pihak yangterlibat• Libatkan sebanyak mungkin orang dalam proses desain• Pastikan melibatkan manajemen dan personel
·  26. Resiko• Saat maturity level dari satu proses terlalu rendah, tidakmungkin mencapai maturity level yang tinggi padaproses lain• Kebutuhan bisnis tidak jelas pada personel IT• Waktu yang dialokasikan untuk desain terlalu sedikit• Sinkronisasi antara pelanggan dan partner tidak baik,seh


Layout Design Service

Desain layout website pertama “Kreatif Company Profile”

Posted by Jasa Web Design Surabaya on Friday, March 19, 2010 · Leave a Comment 
Produk website pertama dari websurabaya.com adalah “kreatif web design”, desain website dirancang untuk perusahaan atau Korporasi yang berfungsi sebagai media promosi Layanan dan Produk dengan kata lain khusus di design untuk sebuah perusahaan yang ingin mengembangkan jaringan bisnis nya dengan bentuk pemasaran online (online marketing).
Desain ini bertema clean and minimalist design for company profile web.
Spesifikasi dari website ini adalah sebagai berikut:
· Pengemasan desain grafis yang bernuansa clean, minimalist
· Website dinamis menggunakan CMS yang memudahkan pengguna untuk mengoperasikan dan melakukan perawatan (mantainance) website.
· Kapasitas untuk menyimpan data maksimal 1 GB
· Bandwidth website maksimal 5 GB/ bulan.
· Halaman “Page” terdiri dari : Tentang Kami (About us), Portofolio perusahaan, Produk, Layanan (service), Kontak kami (Contact Us).
· Kategori Produk yang bisa ditambahkan sendiri sesuai dengan kebutuhan pemasaran produk perusahaan.
· Galeri Foto-foto produk.
· 10 Email.
· Informasi jumlah total pengunjung.
· Desain website yang SEO Friendly (optimasi struktur website di search engine).
Fitur tambahan untuk halaman depan (home):
slide show image : gambar/ foto yang bergerak bergantian yang menampilkan suatu produk dari perusahaan.


halaman depan (home)

 










halaman dalam (single-post)


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa Study Marin County v. Deloitte: Belajar dari Kegagalan Implementasi ERP ini untuk Mendorong Sukses

KULIAH SAMBIL BEKERJA DI PRESIDENT UNIVERSITY KELAS MALAM PRODY MANAGEMENT

ANALISA ORACLE ERP